Visual Basic - Database (Microsoft Access)

Oke kali ini saya akan melanjutkan penjelasan mengenai bahasa pemrograman VB. Pada kesempatan kali ini menjelaskan Database pada VB dengan menghubungkan database pada Microsoft Access ke dalam program database VB, pada program ini saya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Berikut adalah desain tampilan programnya :




Pada desain form diatas terdapat label sebagai judul dari form yang telah dibuat yaitu “APLIKASI DATA MAHASISWA 1IA16” disebelah kanan atas terdapat component datagrid, bagian ini berfungsi untuk menampilkan data dari field database yang telah dibuat sebelumnya. Lalu tepat dibawah datagrid terdapat adodc yang berfungsi untuk mengkoneksikan database.

Selanjutnya terdapat sebuah frame yang didalamnya terdapat label yang berisikan  “NPM”, “NAMA”, “KELAS”, dan “ALAMAT” lalu juga terdapat 4 TextBox yang berfungsi untuk menginputkan nilai yang sesuai dengan label yang ada, serta terdapat 3 buah button yaitu “SAVE”, ”DELETE”, dan ”EXIT”.

Langkah pertama Langkah pertama, buat database di MS. Access dengan cara : Buka ms.access, klik new database dan save dengan format *.mdb atau ms.access 2002-2003. Kemudian, pilih view -> klik design view, dan beri nama database dan tabelnya, buat record-record yang akan ditampilkan pada program database VB, pada program ini saya membuat record NPM, Nama, Kelas, dan Alamat. Selanjutnya, save dan keluar dari Ms.Accessnya.


Kemudian buka VB dan project baru. Setelah itu, pada bagian component disebelah kiri, klik kanan dan pilih component. Ceklis bagian ADO Data Control dan Ms Datagrid Control dan klik OK, maka akan muncul komponen seperti berikut pada bagian component sebelah kiri .


untuk mengkoneksikan database dari Ms.Access ke dalam visual basic pertama klik ConnectionString di bagian propertis Adodc1, atau dapat mengklik kanan pada bagian Adodc1 kemudian pilih ADODC Propertis maka akan muncul property pages seperti gambar dibawah ini



Kemudian klik Build pada bagian Use Connection String, pilih Microsoft Jet 4.0 OLEDB Provider dan klik NEXT




Selanjutnya, pada tab Connection pilih file database pada Ms. Access yang tadi telah dibuat sebelumnya. Pilih file dan test connection untuk pengetesan database. Klik OK



Klik kanan pada bagian adodc dan pilih ADODC Propertis lalu pilih  tab RecordSource atau dapat membukanya dari propertis disebelah kanan, pada bagian command type, pilih 2-adCMdTable dan pilih tabel yang telah dibuat sebelumnya, kemudian klik Oke.




Selanjutnya, pada datagrid, Setting DataSource dengan adodc1 yang sudah kita setting sebelumnya.




Kemudian, Klik Kanan datagrid dan pilih Retrieve Fields , dan jika ditanyai seperti berikut, pilih Yes saja. 


Berikut adalah kode yang terdapat pada program tersebut :


Pada bagian Command1_Click() terdapat Rem yang berfungsi untuk memberikan komentar, perintah rem tidak akan dieksekusi ketika program berjalan, hanya sebagai keterangan program saja. Pada bagian ini adalah CommandButton untuk SAVE, didalamnya terdapat sintaks :

Adodc1.Recordset.AddNew
Adodc1.Recordset.Fields("NPM") = Text1.Text
Adodc1.Recordset.Fields("Nama") = Text2.Text
Adodc1.Recordset.Fields("Kelas") = Text3.Text
Adodc1.Recordset.Fields("Alamat") = Text4.Text
Adodc1.Recordset.Update

Pada sintaks diatas data inputan NPM ditampung di dalam text1, Nama di Text2, Kelas di text3, dan Alamat di text4. Dengan demikian data yang diinput akan sesuai dengan ututan field-field yang telah dibuat sebelumnya di Ms.Access.

Sintaks diatas berfungsi untuk menghubungkan database dengan Visual basic, database yang telah dibuat pada Ms.Acces beruba tabel yang berisi field-field yang akan digunakan untuk pengisian data pada saat program dijalankan dengan program visual basic, sebelumnya kita telah mengkoneksikan data grid, ADODC, dan file database Ms.Acess yang bertujuan agar pada saat CommandButton “SAVE” diklik, data yang telah di input oleh user akan tertera pada data grid dan otomatis pada database Ms.Acces juga akan bertambah.

Selanjutnya pada bagian Command2_Click() “DELETE” terdapat sintaks Adodc1.Recordset.Delete yang berfungsi untuk menghapus salah satu record yang telah di input oleh user dengan cara mengklik button “DELETE”.

Pada bagian Command3_Click() “EXIT” terdapat sintaks Unload Me yang berfungsi untuk keluar dari jendela program dan yang terakhir pada masing-masing bagian baik Command1_Click(), Command2_Click(), dan Command1_Click() pada akhir sintaks ditutup dengan End sub.

Berikut adalah tampilan outputnya :





Saya kira sudah cukup jelas penjelasan mengenai program database pada VB, semoga postingan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita dalam memahami bahasa pemrograman VB. Untuk postingan selanjutnya saya akan menjelaskan bahasa pemrograman Delphi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)