Visual Basic - Kondisi Perulangan (Do While..Loop)

Oke kali ini saya akan melanjutkan penjelasan mengenai bahasa pemrograman VB. Pada kesempatan kali ini menjelaskan tentang kondisi perulangan khususnya kondisi perulangan Do While..Loop pada VB dengan output bilangan asli namun angka 5 tidak akan tercetak pada output, pada program ini saya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Berikut adalah desain tampilan programnya :




Pada desain form diatas terdapat label yang berisikan “PROGRAM PERULANGAN”, “Masukan Batasan Nilai”, dan “Keterangan : Nilai awal = 1” di dalam form juga terdapat sebuah TextBox yang berfungsi untuk menginputkan batasan nilai yang aka ditampilkan pada ListBox, serta terdapat 3 buah button yaitu “LOOP”, ”CLEAR”, dan ”EXIT” lalu yang terakhir ada sebuah ListBox tempat output dari kondisi perulangan yang ada. Berikut merupakan format propertinya :

Nama Control
Property
Value
Label 1
Text
PROGRAM PERULANGAN
Label 2
Text
Masukan Batasan Nilai
Label 3
Text
Keterangan : Nilai awal = 1
TextBox1
-
-
Command1
Text
LOOP
Command2
Text
CLEAR
Command3
Text
EXIT
ListBox1
-
-

Berikut adalah kode yang terdapat pada program tersebut :


Private Sub Command1_Click()
Dim awal As Integer
Dim akhir As Integer
awal = 1
akhir = Val(Text1.Text)
Do
If (awal <> 5) Then
    List1.AddItem (awal)
End If
awal = awal + 1
Loop While awal <= akhir
End Sub

Private Sub Command2_Click()
Text1.Text = ""
List1.Clear
End Sub

Private Sub Command3_Click()
If MsgBox("Anda Yakin?", vbYesNo, "EXIT") = vbYes Then
End
End If
End Sub

Pada bagian Command1_Click() ”LOOP” terdapat salah satu kondisi perulangan pada visual basic yaitu kondisi perulangan Do While.. Loop. Perulangan Do While.. Loop adalah bentuk perulangan yang menjalankan perulangannya selama kondisi bernilai true/benar. Pertama-tama variabel awal dan akhir di deklarasikan dengan tipe data integer

Dim awal As Integer
Dim akhir As Integer

Kemudian memberi nilai 1 pada variabel awal, dengan begitu program akan melakukan perulangan dimulai dari nilai 1 dan nilai akhir akan di inputkan oleh user dan harus bebentuk numerik(angka) karena sebelumnya variabel akhir sudah di deklarasikan dengan tipe data integer

            awal = 1
akhir = Val(Text1.Text)

Selanjutnya masuk ke bentuk umum dari perulangan Do While.. Loop yang didalamnya terdapat stuktur kondisi percabangan if then yang memasang kondisi jika nilai awal <> (tidak sama dengan) 5 maka program akan melakukan statement setelah then yaitu mencetak output looping di dalam ListBox mulai dari nilai awal, dengan kondisi demikian nilai 5 tidak akan tercetak pada output di ListBox, kemudian kondisi percabangan if then ditutup dengan end if.

Setelah itu, diberi statement awal = awal +1 agar looping berjalan sampai dengan batas niai akhir yang diinput oleh user, lalu diberi statement pembatas sekaligus untuk menentukan kondisi masih bernilai true atau false yaitu nilai awal <= (kurangdarisamadengan) niai akhir, tak lupa diakhir ditutup dengan End sub.

            Do
If (awal <> 5) Then
                List1.AddItem (awal)
End If
awal = awal + 1
Loop While awal <= akhir

Lalu dibagian Command2_Clik() “CLEAR” terdapat sintaks
Text1.Text = ""
List1.Clear
Yang berfungsi untuk menghapus sisa ketikan saat user menginput nilai pada TextBox1 dan output di ListBox juga akan dibersihkan, tak lupa pada akhir ditutup dengan End sub

Dan yang terakhir pada Command3_Clik() “EXIT” terdapat sintaks
            If MsgBox("Anda Yakin?", vbYesNo, "EXIT") = vbYes Then
End
End If
Yang  berfungsi untuk menampilkan MsgBox yang berisi pernyataan kembali apakah yakin untuk keluar dari program dengan vbYesNo.

Berikut adalah tampilan Outputnya :




Saya kira sudah cukup jelas penjelasan mengenai kondisi perulangan (Do While..Loop) pada VB, semoga postingan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita dalam memahami bahasa pemrograman VB. Untuk postingan selanjutnya saya akan menjelaskan program database pada VB.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)