E-Learning (Cyberlearning)

Oke, kali ini saya akan membahas sebuah metode pembelajaran yang akan terus berkembang dijaman teknologi dan informasi seperti saat ini. Yaitu metode pembelajaran online atau melalui media seperti PC, Laptop, atau sejenisnya. Saya akan membahas web pembelajaran Cyberlearning yang khususnya mempelajari hal yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (TI). Berikut adalah pembahasannya :

Sejarah Cyberlearning
Cyberlearning dibuat oleh seorang yang sudah tidak asing lagi dalam dunia Teknologi Informasi di Indonesia, yaitu Bapak Onno Widodo Purbo atau lebih dikenal dengan pangilan  Bapak Onno.  Beliau merupakan seorang pelopor perkembangan internet di Tanah Air, Beliau adalah seorang penulis yang telah menghasilkan berbagai karya, ia juga merupakan salah satu tokoh yang sangat berjasa hingga masuknya layanan internet di Indonesia.

Onno Widodo Purbo
Dia juga tokoh dibalik beberapa program yang berfokus pada pengembangan teknologi seperti program RT/ RW-Net, Asia Internet Interconnection Intiatives (AI3) Project yang merupakan kerjasama dengan akademisi Jepang dan juga sebuah program yang bertujuan merangkaikan sedikitnya 20 unit perpustakaan di seluruh Indonesia, program tersebut bernama Knowledge Management Research Group (KMRG). Dari banyaknya torehan hasil karya nyatanya tersebut, Onno telah mendapatkan sejumlah penghargaan tidak hanya dari dalam negri namun juga dari dunia internasional. Bapak Onno Widodo Purbo Lahir dan besar di kota kembang Bandung, beliau merupakan putra dari Bapak Hasan Poerbo yaitu seorang Professor di lingkungan universitas ITB, Ia adalah sulung dari 3 saudara yaitu Heru Wibowo Poerbo, Lita Widayanto Poerbo, dan Benyamin Wirawan Poerbo, berkat bimbingan dan juga arahan dari sang ayah, Onno tumbuh menjadi pribadi yang tidak hanya mempunyai kemampuan yang baik dalam bidang yang ia tekuni namun juga mempunyai semangat berbagi yang tiada henti seperti yang sering di pesan kan oleh sang ayah.
Dalam hal pendidikan Beliau Lulus dari Sekolah Menengah Atas bandung, dan melanjutkan pendidikannya di Universitas ITB. Beliau  yang memang memiliki minat dan ketertarikan di bidang teknologi memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Elektro. Beliau lulus dengan predikat lulusan terbaik hal ini tidak terlepas dari bakat dan  juga kemampuannya yang sangat mumpuni. Hal itu juga yang memberikannya kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S-2 ke Kanada, dan pada tahun 1994 Beliau memperoleh gelar Ph.D dalam bidang teknologi rangkaian terintergrasi untuk satelit di Universitas Waterloo, Kanada.

Berikut adalah contoh dari fasilitas pembelajaran Cyberlearning :

1. eLearning Rakyat


eLearning Rakyat memfokuskan pada layanan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menggunakan Sistem Operasi Linux. Tidak hanya Linux, pengguna juga dapat mengei Android disini dan peserta dapat merequest materi perkuliahan melalui kelas khusus. eLearning Rakyat ini juga banyak diterapkan di intansi pendidikan dengan menggunakan moodle sebagai media pembelajarannya.

2. Cyberlearning Webinar


Login disini dan anda bisa interaktif dengan Bapak Onno Widodo Purbo pada tanggal yang akan ditentukan, pastikan mic anda berfungsi bila ingin bertanya.
Webinar itu singkatan dari Web - Seminar, adalah suatu bentuk konferensi seperti meeting, seminar atau presentasi bisnis dalam bentuk online. Di dalam webinar akan ada satu moderator, satu pembicara utama dan bisa di ikuti oleh banyak peserta atau attendees, bisa puluhan, ratusan bahkan ribuan dan bisa dari mancanegara juga.

Dan di dalam webinar bisa diadakan diskusi juga hasil dari presentasi atau meeting webinar tersebut, dan yang paling penting, Anda para peserta webinar akan mendapatkan ilmu baru, pangalaman baru, dan rekan - rekan baru dari berbagai kota dan mancanegara.

3. OnnoCenter Wiki

Memfasilitasi rekan-rekan untuk menceritakan pengalaman bermain, bereksperimen, maupun perjuangan rekan-rekan di dunia Internet / ICT.

Berikut adalah tampilan awal web http://cyberlearning.web.id/ :

Tampilan Web Cyberlearning


Dari semua fasilitas diatas kita tidak memerukan biaya apapun untuk dapat join dalam pembelajaran online tersebut, jika ingin mengikuti pembelajaran kita hanya tinggal klik Join Now dan lakukan regitrasi untuk mendaftarakan diri. Dibawah ini adalah contoh dari registrasi eLearning Rakyat :


Kelebihan dan Kekurangan E-Learning Cyberlearning :
Kelebihan  :
Internet menurut Onno W. Purbo (1998) paling tidak ada tiga hal dampak
positif penggunaan internet dalam pendidikan yaitu:

  • Peserta didik dapat dengan mudah mengambil mata kuliah dimanapun di seluruh dunia tanpa batas institusi atau batas negara.
  • Peserta didik dapat dengan mudah belajar pada para ahli di bidang yang diminatinya.
  • Kuliah/belajar dapat dengan mudah diambil di berbagai penjuru dunia tanpa bergantung pada universitas/sekolah tempat si mahasiswa belajar. Di samping itu kini hadir perpustakan internet yang lebih dinamis dan bisa digunakan di seluruh jagat raya.
Penelitian di Amerika Serikat tentang pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi untuk keperluan pendidikan diketahui memberikan dampak positif (Pavlik, 19963). Studi lainya dilakukan oleh Center for Applied Special Technology (CAST), “bahwa pemanfaatan internet sebagai media pendidikan menunjukan positif terhadap hasil belajar peserta didik”.

Kekurangan :
Walaupun demikian pemanfaatan internet untuk pembelajaran atau e-learning
juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan. Berbagai kritik (Bullen, 2001, Beam, 1997), antara lain :
  • Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values dalam proses belajar dan mengajar.
  • Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
  • Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
  • Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang menggunakan ICT.
  • Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal.
  • Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet.
  • Kurangnya tenaga yang mengetahui dan memiliki ketrampilan internet.
  • Kurangnya penguasaan bahasa komputer.

Sumber : 
http://www.blogsitaufik.web.id/2014/11/kuliah-online-gratis-di-cyber-learning.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)