Bisnis Informatika dan Perusahaan yang Bergerak di Bidang Bisnis Informatika


Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan dengan singkat apa itu Bisnis Informatika beserta dengan contoh dari perusahaan yang bergerak dibidang Bisnis Informatika. Pada era Teknologi Informasi seperti saat ini, penggunaan Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan wajib bagi masyarakat perkotaan. Perkembangan teknologi yang pesat membuat segala sesuatu dapat dikerjakan dengan cepat dan efisien. Saat ini yang sedang berkembang pesat di Indonesia adalah banyaknya bermunculan startup yang memberikan solusi dari setiap masalah yang dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan suatu aktivitas.

Contohnya E-Commerce, Bisnis e-commerce di Indonesia memang terus berkembang dengan mencatatkan peningkatan jumlah transaksi setiap tahunnya. Pertumbuhan ini memang kemudian banyak memicu orang atau sekelompok orang untuk mencoba peruntungan di dalamnya. Berikut ini merupakan definisi dari Bisnis Informatika :

Bisnis Informatika merupakan sebuah pengertian yang terdiri dari dua buah kata yaitu bisnis dan Informatika. Jika diartikan satu per satu, Bisnis merupakan sebuah kegiatan menjual suatu barang atau jasa kepada pelanggan untuk mendapatkan laba/keuntungan. Sementara Informatika secara umum mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang digunakan untuk mengumpulkan data, memproses, dan menyimpan hasil pemrosesan data yang kemudian akan ditampilkan dalam bentuk informasi.

      Dari kedua arti kata Bisnis dan Informatika diatas maka Bisnis Informatika dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi, seperti internet.


Berikut ini merupakan contoh dari sebuah Bisnis Informatika yaitu sebuah startup dengan nama Fabelio.com.



Fabelio merupakan startup berbasis portal web yang bergerak dibidang e-commerce, khususnya untuk penjualan furnitur. Lokasi kantor fabelio terdapat di Jl. Panglima Polim V No.52, RT.1/RW.7, Melawai, Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Fabelio didirikan oleh 3 orang founder Christian Sutardi, Krisnan Lenon dan Marsel Utoyo. Mereka memulai bisnis ini pada bulan Mei 2015, dibawah bendera PT. Tiga Elora Nusantara. Mereka juga langsung membuat sebuah tim dengan tanggung jawab yang berbeda. Tim yang dibentuk sendiri terdiri dari bagian pemasok, pemasaran, teknologi informasi dan desain. Saat ini sendiri Fabelio telah memiliki 25 pemasok dengan spesialisasi masing-masing seperti produksi furnitur kayu jati, mahoni, pinus, kayu solid, khusus pembuat sofa, dan seterusnya. Produk yang dijual Fabelio sendiri dibuat dari bahan baku asli 100% kayu Indonesia.




 Pada awal memulai bisnis e-commerce ini, Fabelio haya memiliki jumlah pegawai hanya kurang dari 10 orang, kini telah mencapai lebih dari 60 orang pegawai tetap. Fabelio dapat dikategorikan kedalam bisnis informatika besar, karena sudah memiliki cukup banyak pegawai dan sudah melayani banyak pembeli dengan responnya sebagian besar positif, kemudian cakupan penjulan produknya sudah bisa ke seluruh Indonesia dengan biaya pengiriman yang berbeda (tergantung jarak). Selain itu fabelio sudah dapat berdiri sendiri sebagai suatu web jual beli yang dapat langsung menangangi proses jual beli melalui websitenya dengan menggunakan jasa kurir untuk pengiriman barangnya dan untuk pembayarannya dapat melalui beberapa cara diantaranya bank transfer, menggunakan kartu kredit/debit, dan cash saat barang diterima.

Demikianlah penjelasan singkat dari saya mengenai Bisnis Informatika dan contoh nyata dari perusahaan bisnis e-commerce yang menerapkan sistem bisnis jual beli secara online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)