Delphi 7 - Kondisi Perulangan (Setengah Diamond / Setengah Wajik)
Saya akan menambahakan satu contoh program perulangan yaitu program bintang '*' yang berbentuk Setengah Diamond / Setengah Wajik. Berikut adalah desain
tampilan programnya :
Pada desain form1 diatas terdapat 3 buah label yaitu
Perulangan Delphi, (SETENGAH DIAMOND), dan Masukkan Tinggi. Selanjutnya,
terdapat sebuah Edit yang berfungsi sebagai tempat inputan user untuk
mengetikan batas dari perulangan yang akan dijalankan, kemudian terdapat
ListBox yang berfungsi sebagai tempat tampilnya output perulangan, lalu yang
terakhir ada 3 buah Button yaitu Proses, Reset dan EXIT.
Berikut adalah kode program / sintaks yang terdapat pada program
tersebut :
1. Button1 (Proses)
procedure
TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
var
a,b,c: integer;
bintang
: string;
begin
bintang
:= '*';
b
:= StrToInt (Edit1.Text);
for
a:= 0 to b do
begin
ListBox1.Items.Add (bintang);
bintang := bintang + '*';
end;
for
a:= b downto 0 do
begin
bintang
:= '';
for c:= 0 to a-1 do
begin
bintang := bintang + '*';
end;
ListBox1.Items.Add (bintang);
end;
end;
Pada bagian
diatas adalah sintaks pada Button Proses,
berikut merupakan penjelasan sintaks diatas :
var a,b:integer;
bintang
: string;
berfungsi
untuk membentuk variabel serta mendeklarasikan tipe data variabel, pada sintaks
diatas dibuat variabel a, b, dan c dengan tipedata integer (bilangan bulat)
serta variabel bintang dengan tipedata string.
begin
karena delphi
menggunakan bahasa yang mirip dengan pascal, maka untuk memulai suatu sintaks
atau badan program harus dimulai dengan begin.
bintang
:= '*';
berfungsi
untuk menjadikan variabel bintang dengan nilai ‘*’.
b:= StrToInt (Edit1.Text);
merupakan
sintaks yang berfungsi untuk menjadikan variable b sebagai penampung inputan
dari user yang diketikan di Edit1 dengan mengubah nilainya terlebih dahulu dari
string menjadi integer.
for
a:= 0 to b do
begin
ListBox1.Items.Add (bintang);
bintang := bintang + '*';
end;
merupakan sintaks
dari bentuk kondisi perulangan for to do, for
a := 0 to b do sintaks ini berfungsi sebagai perulangan dengan a dimulai
dengan nilai 0 sampai batas variabel b yaitu dari inputan user.
begin
ListBox1.Items.Add (bintang);
bintang := bintang + '*';
end;
sintaks
diatas merupakan badan program untuk statement hasil dari kondisi perulangan
yang diawali dengan begin dan diakhiri dengan end;
berfungsi
untuk melakukan statemen hasil dari perulangan a yaitu dengan menampilkan outputnya
di dalam ListBox1 berupa variabel bintang yang nilai telah di tentukan
sebelumnya, serta terdapat perintah bintang
:= bintang + '*'; sehingga perulangan a yang telah dilaksanakan akan
tercetak setelah itu tercetak lagi dan bertambah satu ‘*’ sampai dengan batas
yang telah ditentukan yaitu b (inputan user).
for
a:= b downto 0 do
begin
bintang
:= '';
for c:= 0 to a-1 do
begin
bintang := bintang + '*';
end;
ListBox1.Items.Add (bintang);
end;
Pada bagian
badan program diatas merupakan badan program perulangan bersarang, didalam
perulangan for downto do terdapat perulangan lagi yaitu perulangan for to do.
for
a:= b downto 0 do
sintaks ini berfungsi sebagai
perulangan dengan a dimulai dengan variabel b yaitu dari inputan user sampai
dengan batas nilai 0.
bintang
:= '';
berfungsi untuk menjadikan variabel
bintang dengan nilai ‘’.
for
c:= 0 to a-1 do
sintaks ini berfungsi sebagai
perulangan dengan c dimulai dengan nilai 0 sampai dengan dengan batas variabel
a-1.
begin
bintang := bintang + '*';
end;
ListBox1.Items.Add (bintang);
sintaks
diatas merupakan badan program untuk statement hasil dari kondisi perulangan
yang diawali dengan begin dan diakhiri dengan end;
berfungsi
untuk melakukan statemen hasil dari perulangan a dan c yaitu dengan menampilkan
outputnya di dalam ListBox1 berupa variabel bintang yang nilai telah di
tentukan sebelumnya, serta terdapat perintah bintang
:= ‘’; sehingga perulangan a dan c akan tercetak bintang := bintang + '*'; sebuah ‘’
secara vertikal sebanyak nilai awal sampai dengan batasnya dan ditambah dengan
‘*’ secara horizontal sesuai dengan batas perulangan c, Karena downto maka
output akan semakin berkurang dari perulangan pertama ke perulangan
selanjutnya.
end;
berfungsi
untuk menutup badan program dibagian button1 (Proses).
2. Button2 (Reset)
procedure
TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
ListBox1.Clear;
Edit1.Clear;
Edit1.SetFocus;
end
Pada bagian
diatas adalah sintaks pada Button Reset,
berikut merupakan penjelasan sintaks diatas :
begin
karena delphi
menggunakan bahasa yang mirip dengan pascal, maka untuk memulai suatu sintaks
atau badan program harus dimulai dengan begin.
ListBox1.Clear;
berfungsi
untuk membersihkan layar pada bagian ListBox1.
Edit1.Clear;
berfungsi
untuk membersihkan layar pada bagian Edit1.
Edit1.SetFocus;
Berfungsi untuk menempatkan kursor pada Edit1 setelah
user mengklik Button2 (Reset).
3. Button3 (EXIT)
procedure
TForm1.Button3Click(Sender: TObject);
begin
if
application.MessageBox
('Yakin
akan Keluar dari Program','Konfirmasi Ulang',MB_YesNo)=ID_Yes then
Application.Terminate;
end;
Pada bagian
diatas adalah sintaks pada Button EXIT,
berikut merupakan penjelasan sintaks diatas :
Berfungsi untuk menampilkan sebuah MessageBox untuk
meyakinkan kembali user apakah ingin benar keluar dari program atau tidak
dengan kondisi percabangan if..then dan terdapat pilihan Yes atau No, Jika user
mengklik ‘Yes’ maka statement dibawah then akan dijalankan yaitu Application.Terminate; Yang berfungsi
untuk keluar dari jendela program. Tak lupa pada awal terdapat begin dan diakhir ditutup dengan end;
end.
Berfungsi untuk menutup akhir dari keseluruhan badan
program.
Berikut adalah tampilan Outputnya :
Saya kira sudah cukup jelas penjelasan mengenai program perulangan (Setengah Diamond / Setengah Wajik) pada Delphi, semoga postingan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita dalam memahami bahasa pemrograman Delphi. Untuk postingan selanjutnya saya akan menjelaskan tentang contoh program database bahasa pemrograman Delphi.
Bang, kalau listboxnya diganti memo.
BalasHapusscriptnya gimana ya?
makasih