Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara
Pada postingan kali ini saya akan
menjelaskan dampak E-Commerce terhadap individu, masyarakat, dan negara.
Sebelumnya kita pahami dulu apa itu E-Commerce? Berikut adalah definisi
singkatnya :
E-Commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau
dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara
berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan
fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get
and deliver“.
Berikut ini adalah dampak yang ditimbulkan dengan
adanya E-Commerce :
1. Dampak E-Commerce terhadap Individu
Dampak Positif :
- Konsumen dapat berbelanja atau mengolah bernagai transaksi lain dalam 24 jam sepanjang hari, sepanjang tahun di sebagian besar lokasi. Contohnya memeriksa saldo, membuat pembayaran, dan memperoleh informasi lainnya.
- Konsumen tidak hanya memiliki sekumpulan produk yang bisa dipilih, namun juga daftar supplier internasional sehingga konsumen memiliki pilihan produk yang lebih banyak.
- Konsumen dapat berbelanja di seluruh dunia dan membandingkan harganya dengan mengunjungi berbagai situs yang berbeda atau dengan mengunjungi sebuah website tunggal yang menampilkan berbagai harga dari sejumlah provider.
- Memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan produsen atau konsumen lain dan juga dapat saling bertukar pengalaman antara produsen atau konsumen lain.
Dampak Negatif :
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial yang ada.
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.
- Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.
2. Dampak E-Commerce terhadap Masyarakat
Dampak Positif :
- Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
- Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produksi/service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk/service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
- Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
- Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.
Dampak Negatif :
- Karena masyarakat lebih sering berinteraksi secara elektronik, dimungkinkan terjadi berkurangnya kemampuan sosial dan personal manusia untuk bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.
- Terdapat bahaya potensial karena dapat terjadi kesenjangan sosial antara orang-orang yang memiliki kemampuan teknis dalam e-commerce dengan yang tidak, yang memiliki keahlian digaji lebih tinggi daripada yang tidak.
- Terbentuknya kelompok diantara golongan masyarakat yang memiliki tujuan tertentu dalam bisnis e-commerce yang hanya mementingkan keuntungan dari kelompok tersebut.
- Hilangnya kebiasaan masyarakat yang melakukan jual beli secara langsung baik di pasar maupun pusat perbelanjaan, sehingga membuat para pedagang yang melakukan jual beli secara manual menjadi gulung tikar.
3. Dampak E-Commerce terhadap Negara
Dampak Positif :
- Membantu negara berkembang untuk masuk ke dalam pasar internasional dengan bantuan dari negara maju.
- Membuat laju pertumbuhan perdagangan digital masing-masing negara menjadi meningkat.
- Pemasaran produk dari suatu negara dapat menjangkau pasar internasional sehingga menjadi lebih cepat dan mudah.
- Negara-negara dengan kontak yang lebih luas, baik itu perdagangan, pariwisata maupun lokasi geografis dengan dunia luar, cenderung lebih maju dalam teknologi digital.
Dampak Negatif :
- Biaya yang di gunakan untuk mengumpulkan informasi sangat mahal ketika mencari informasi secara lintas negara.
- Akibat dari biaya yang mahal, membuat proses perdagangan internasional antar negara menjadi terhambat.
- Negara-negara berkembang dengan penetrasi internet yang lebih tinggi meningkatkan ekspor ke negara berpenghasilan tinggi dibandingkan negara dengan penetrasi internet lebih rendah.
- Biaya komunikasi yang di gunakan mungkin jauh lebih besar untuk ekspor ke negara-negara maju daripada mengekspor ke negara-negara tetangga yang berkembang.
Sumber :
Komentar
Posting Komentar