Visual Basic - Kondisi Percabangan (Select Case)

Pada kesempatan kali saya akan membahas bahasa pemrograman Visual Basic khususnya dalam kondisi percabangan dan perulangan. Pertama-tama saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan Visual Basic itu sendiri, berikut adalah penjelasannya :

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputerberbasis grafik dengan cepat.

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang kondisi percabangan khususnya kondisi percabangan select case pada VB, pada program ini saya menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Berikut adalah desain tampilan programnya :



Pada desain diatas, terdapat label yang berisikan “Selamat Datang“, “Masukan Urutan Senar Gitar”, “Senar Ke-” dan “Keterangan : Senar 1 adalah senar yang paling bawah” serta sebuah textbox kosong. Terdapat juga 2 buah button yang berisikan “Cek Nada” dan “EXIT”. Format Properti :

Nama Control
Property
Value
Label1
Text
Selamat Datang
Label2
Text
Masukan Urutan Senar Gitar
Label3
Text
Senar Ke-
Label4
Text
Keterangan : Senar 1 adalah senar yang paling bawah
TextBox1
-
-
Command1
Text
Cek Nada
Command2
Text
EXIT

Berikut adalah kode yang terdapat pada program tersebut :


Private Sub Command1_Click()
Select Case TextBox1
    Case 1:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 1 adalah e")
    Case 2:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 2 adalah B")
    Case 3:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 3 adalah G")
    Case 4:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 4 adalah D")
    Case 5:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 5 adalah A")
    Case 6:
        MsgBox ("Nada Dasar Pada Senar 6 adalah E")
    Case Is > 6
        MsgBox ("Maaf, Urutan senar yang anda inginkan melebihi batas")
    Case 0:
        MsgBox ("Silahkan input urutan senar antara 1 sampai 6")
    Case Else
        MsgBox ("Silahkan input urutan senar yang anda inginkan")
End Select
End Sub

Private Sub Command2_Click()
If MsgBox("Anda Yakin?", vbYesNo, "EXIT") = vbYes Then
End
End If
End Sub

Private Sub TextBox1_KeyPress(KeyAscil As Integer)
If Not IsNumeric(Chr(KeyAscil)) And KeyAscil <> 8 Then KeyAscil = 0
TextBox1.MaxLength = 1
End Sub

Pada bagian Command1_Click() terdapat salah satu kondisi percabangan pada visual basic yaitu kondisi percabangan select case. Pada sintaks program diatas bentuk umum select case di tempatkan pada bagian Command1, karena kondisi dan pernyataan yang terdapat pada percabangan select case diatas akan di jalankan ketika kita mengklik bagian Command1 (CommandButton). Pernyataan yang ada tentunya harus sesuai dengan program yang ada yaitu terdapat 6 case (pernyataan) yaitu senar ke 1 sampai dengan 6.

Jika kondisi yang diinput pada TextBox1 sesuai dengan case - case yang ada, maka pernyataan yang terdapat pada MsgBox yang sesuai dengan inputan user akan dieksekusi. Jika kondisi  yang diinput pada TextBox1 tidak sesuai, misal user menginput nilai > 6 pada TextBox1 maka yang akan dijalankan adalah pernyataan atau statemen di bawah Case Is > 6, jika user menginput nilai di TextBox1 dengan nilai 0 maka yang akan dijalankan adalah pernyataan atau statemen di bawah Case 0: dan yang terakhir jika user tidak memasukan nilai apapun pada TextBox1 maka jika user mengklik Command1 maka akan tampil peryataan MsgBox Case Else.

Setelah itu untuk mengakhiri sintaks pada kondisi select case dengan menggunakan End Select dan End Sub. Pada bagian Private Sub Command2_Click() terdapat sintaks untuk keluar dari program yang menggunakan kondisi percabangan If Then.

Pada program diatas juga terdapat kodingan di bagian TextBox1 seperti  dibawah ini :

Private Sub TextBox1_KeyPress(KeyAscil As Integer)
If Not IsNumeric(Chr(KeyAscil)) And KeyAscil <> 8 Then KeyAscil = 0
TextBox1.MaxLength = 1
End Sub

Yang berfungsi agar user tidak dapat menginput nilai selain angka (numeric) dan juga user dibatasi hanya dapat menginput satu numeric di TextBox1.

Pada program yang saya buat diatas kegunaannya adalah untuk menentukan nada dasar standar pada sebuah gitar dengan cara mengetahui nada di setiap senar, senar 1 sampai dengan 6, senar pertama adalah senar paling bawah dan senar 6 adalah yang paling atas.

Berikut adalah tampilan Outputnya :





Saya kira sudah cukup jelas penjelasan mengenai kondisi percabangan (Select Case) pada VB, semoga postingan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kita dalam memahami bahasa pemrograman VB. Untuk postingan selanjutnya saya akan menjelaskan kondisi perulangan pada VB.

Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)