E-Commerce (Ebay)

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan situs jual beli yang cukup terkenal yaitu situs jual beli yang sudah mendunia yaitu ebay.

1995-2012
2012 - Sekarang

Pengertian Ebay
Ebay adalah sebuah pasar online, namun pasar ini bukanlah pasar biasa karena ebay mencangkup pasar online dunia. Disini merupakan tempat untuk pembeli dan penjual berkumpul dari seluruh dunia dan di ebay juga kita dapat berdagang apa saja. Mulai dari kategori alat elektronik, fasion, collectibles & art, home & garden, Sporting Goods, Motors, dan masih banyak lagi. Ebay bisa dibilang cukup menggiurkan untuk digunakan sebagai ladang bisnis jual beli,  karena menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.
eBay adalah pasar yang menjajakan barang bernilai lebih dari US $1.840 yang diperdagangkan setiap detik dan anda dapat menjangkau 241 juta pembeli di seluruh dunia. Ada 1,3 juta penjual di seluruh dunia dapat memperoleh penghasilan untuk biaya hidup dari menjual di eBay.
Apa pun yang ingin dilakukan, memulai bisnis online baru, meluaskan bisnis, atau eksportir yang sedang mencari untuk menjual barang melalui saluran lain, eBay menawarkan:
  • Arena perdagangan untuk penjual baru maupun yang berpengalaman
  • Rintangan entri yang rendah dan biaya memulai yang minimal
  • Akses mudah ke 38 pasar internasional dengan biaya operasi yang kecil
Sejarah eBay

Pierre Omidyar
Ebay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai AuctionWeb, bagian dari situs pribadi yang termasuk tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain EchoBay.com tetapi nama itu dimiliki oleh orang lain, jadi dia memendekkan nama ebay.com. eBay berpusat di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.
Ebay pada awalnya merupakan tempat untuk berdagang koleksi barang yang sulit ditemukan, namun dalam perkembangannya ebay berubah menjadi pasar online tempat dimana segala sesuatu dapat dijual dan dibeli dengan beberapa kategori yang telah disebutkan diatas. Dengan daftar barang sebanyak 103,6 juta di seluruh dunia dan penambahan daftar barang sekitar 6,1 juta penambahan  yang dilakukan setiap hari. eBay bisa dibilang cukup menggiurkan untuk digunakan sebagai ladang bisnis jual beli,  karena menawarkan kesempatan yang tidak terhingga bagi semua orang untuk membeli dan menjual di seluruh dunia.

Siapa yang menjual di eBay?
  • Manufaktur lokal 
  • Pedagang (Impor/Ekspor) 
  • Pengecer domestik 
  • Grosir/distributor
  • Wiraswasta/Memulai Bisnis 
Sistem pembayaran di eBay
            Sistem pembayaran di ebay menggunakan Paypal, kenapa paypal? Karena sistem pembayaran ini dinilai lebih aman bagi para pembeli dan penjual dan sangat cocok untuk pembayaran lelang, krena pemegang akun paypal akan diverivikasi oleh pihak paypal sehingga kemungkinan penipuan berkurang. Namun di ebay terdapat cara pembayaran lain seperti egold, moneybooker, western union, cek, transfer bank, dan tunai. Biaya pengiriman akan dibebankan kepada pembeli dengan syarat dan kondisi serta perjanjian sebelumnya antara pihak penjual dan pembeli baik pengiriman barang domestik maupun international.

Cara kerja Ebay
Dalam pasar online ebay anda tidak perlu untuk mendaftar untuk melihat barang-barang yang anda cari atau yang terjual di ebay, tetapi untuk melakukan pembelian atau penjualan anda harus mendaftar. Berikut adalah tampilan jika anda ingin registrasi akun di ebay :

            Pada bagian diatas anda akan disuruh untuk memasaukan informasi seperti nama, email, dan membuat password untuk akun anda. Setelah itu anda akan mendapatkan ID pengguna ebay yang berfungsi untuk transaksi dan proses yang ada di dalam ebay, jika anda telah menyelesaikan proses registrasi akun/ sign up maka anda sudah dapat bertransaksi di pasar online ebay.

Berikut ini adalah alur jual beli pada ebay :


Sebelum memulai berdagang di ebay ada beberapa instrument pendukung yang akan mendukung kelancaran berbisnis anda di eBay sebagai berikut:
  • Account paypal yang sudah di verivikasi, baik menggunakan vcc ataupun menggunakan credit card pribadi
  • Tentu saja mendaftar account ebay dengan alamat lengkap asli dan akurat.
  • eBay Selling Manager
  • Turbolister, Auctiva, dan template untuk melisting barang jualan anda
  • Sniper bid.
  • eBay selling calculator
  • Auto response email, autoreply etc.
  • Account bank di indonesia untuk widthdraw uang dari paypal
  • Cari feedback dan track record yang baik
  • Currrency converter
Kelebihan dan kekurangan web eBay
Kelebihan ebay :
  1. eBay mempertahankan sejumlah situs khusus. EBay Pulse, misalnya, memberikan informasi tentang istilah pencarian populer, tren, dan item yang paling banyak dilihat
  2. Siapapun dapat berdagang di eBay, di manapun, kapan saja
  3. Proses pendaftaran yang mudah
  4. Tidak ada biaya keanggotaan di muka atau yang tersembunyi
  5. Sumber daya seperti Pusat Keamanan, Program sistem Umpan-balik dan Perlindungan Pembeli dari eBay dan PayPal mengurangi risiko kecurangan online dan meningkatkan kepercayaan di antara para pembeli dan penjual.
  6. Terdapat konten ebay Komunitas lain termasuk Discussion Boards, Groups, Answer Center, Chat Rooms, and Reviews & Guides
  7. eBay memiliki penawaran mobile yang kuat, termasuk SMS alert, situs WAP, Java ME client, dan aplikasi iPhone Apple tersedia di pasar tertentu
  8. Best of eBay adalah situs khusus untuk mencari item yang paling-tidak biasa di situs eBay. Pengguna dapat memilih dan mencalonkan pada daftar yang mereka temukan.Terdapat juga fitur-fitur yang ditampilkan di Amazon yakni aktor yang main di film tersebut, sutradara, review film, movie trailer, dan lain sebagainya
  9. Adanya pilihan untuk menampilkan produk secara Grid atau List
  10. Tampilan Webnya sangat bagus dan simpel
  11. Waktu Loading yang cepat
  12. Memiliki harga yang lebih murah
  13. Memiliki rating yang lebih tinggi dengan Top rated seller 
  14. Memiliki banyak jenis produk yang ditawarkan, Tidak hanya produk keluaran perusahaan saja, bahkan produk yang dijual kembali oleh pemiliknya pun tersedia
  15. Ebay juga menyediakan beberapa produk langka dan sangat bernilai
  16. Sistem pembeliannya pun dapat melalui sistem lelang

Kekurangan ebay :
  1. Pada situs ini fitur yang ditampilkan masih kalah bagus dengan pesaingnya yaitu Amazon yang merupakan situs jual beli online yang cukup terkenal.
  2. Dalam melakukan pencarian judul film pada eBay cukup membingungkan, dikarenakan eBay tidak menggolongkan film ini pada formatnya sehingga terjadi kesemrawutan pada hasil pencarian tersebut
  3. Pada situs ini menurut orang-orang yang sudah pernah membeli barang di ebay pernah tertipu. Mungkin ini adalah alasan mengapa barang yang ditawarkan di eBay lebih murah dibandingkan Amazon, banyak terdapat barang yang kosong / tidak ada tetapi tetap ditawarkan pada pembeli, dan pada akhirnya pembeli tertipu
  4. Tata layout yang tidak terstruktur
  5. Memanfaatkan akun pembayaran tersendiri
Sumber : 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)