Social Media (Soundcloud)

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan salah satu sosial media yang sedang trend dikalangan masyarakat pada saat ini, khususnya untuk para musisi yang akan mempromosikan atau menyebarluaskan hasil karya musik mereka melalui rekaman suara / audio di dunia maya. Media sosial lain seperti Myspace dan Reverbnation juga merupakan media sosial yang berbasis suara / audio yang cukup terkenal dan sudah banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti promosi, sekedar sharing atau lain sebagainya. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai media sosial soundcloud :

Pengertian Soundcloud
            Soundcloud merupakan website sosial media berbasis suara / audio yang memberikan layanan bagi setiap orang untuk mensharing hasil rekaman mereka untuk kegiatan promosi ataupun hanya sekedar sharing. Soundcloud berbeda dengan media sosial / jejaring sosial lainnya seperti facebook, path, instagram, twitter dan lain sebagainya. Karena jika pada media sosial lain kita memposting kata-kata, foto, atau video, soundcloud adalah tempat dimana kita bisa mempost file suara / audio dengan format apapun, baik mp3, wav, amr, ogg dan lain-lain. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang mempunyai bakat bagus dalam bernyanyi atau hal seni tarik suara dan suka merekam suara sendiri.

Sejarah

SoundCloud pada awalnya di Stockholm, Swedia, namun didirikan di Berlin, Jerman pada bulan Agustus, 2007 oleh desainer suara Alex Ljung dan musisi Eric Wahlforss. Ia memiliki tujuan yang memungkinkan musisi berbagi rekaman yang mereka buat satu sama lain, tetapi kemudian berubah menjadi alat penerbitan yang juga memungkinkan musisi untuk mendistribusikan trek musik mereka. Beberapa bulan setelah mulai beroperasi, SoundCloud mulai menantang MySpace sebagai platform untuk para musisi untuk mendistribusikan musik mereka dengan memungkinkan seniman rekaman untuk berinteraksi lebih dengan fans mereka. Dalam sebuah wawancara 2009 dengan Wired Megazine, pendiri atau Founders Alex Ljung mengatakan:

“We both came from backgrounds connected to music, and it was just really, really annoying for us to collaborate with people on music — I mean simple collaboration, just sending tracks to other people in a private setting, getting some feedback from them, and having a conversation about that piece of music. In the same way that we’d be using Flickr for our photos, and Vimeo for our videos, we didn’t have that kind of platform for our music.”


“kami berdua datang dari latar belakang yang terhubung ke musik, dan itu benar-benar menjengkelkan bagi kita untuk berkolaborasi dengan orang-orang pada musik – Maksud ku kolaborasi sederhana, hanya mengirim trek ke orang lain dalam pengaturan pribadi, mendapatkan beberapa umpan balik dari mereka, dan memiliki percakapan tentang sepotong musik. Dengan cara yang sama bahwa kita akan menggunakan Flickr untuk foto kami, dan Vimeo untuk video kami, kami tidak memiliki semacam platform untuk musik kami”.

Kemudian pada April 2009, SoundCloud telah menerima invoice € 2,5 juta Seri pertama pendanaan dari Ventures Teknologi Hanson Doughty . Pada bulan Mei 2010, SoundCloud mengumumkan memiliki satu juta pelanggan. Dan pada bulan Januari 2011 SoundCloud telah mengangkat $ 10 juta Seri kedua pendanaan dari Union Square Ventures dan Indeks Ventures. Pada tanggal 15 Juni 2011, SoundCloud mengumumkan mereka memiliki 5 juta pengguna terdaftar, dan investasi dari Ashton Kutcher dan Guy Oseary's A-Grade Dana. Pada tanggal 23 Januari 2012. SoundCloud mengumumkan di blog mereka bahwa mereka memiliki 10 juta pengguna terdaftar.


Penghargaan
SoundCloud memenangkan Schroders Innovation Award di 2011 European Tech Tour Awards Dinner.

Membuat Akun di Soundcloud
Buka alamat https://soundcloud.com/signup di browser anda atau bisa langsung buka https://soundcloud.com dan pada bagian pojok kanan atas klik sign up maka akan muncul window baru seperti dibawah ini. Anda bisa melakukan sign up dengan melakukan registrasi atau log in dengan menggunakan account Facebook. Cara kedua lebih mudah karena Anda tidak perlu melakukan registrasi ulang.



Tampilan awal setelah sign up / sign in

Kegunaan Soundcloud
Seperti yang tertuliskan di sejarah diatas, Situs Soundcloud ini awalnya digunakan para musisi untuk berbagi rekaman satu sama lain. Namun sekarang tidak hanya musisi saja yang bisa menggunakan soundcloud, semua orang diseluruh dunia bisa menggunakan situs ini walaupun mereka tidak memiliki akun soundcloud untuk sign up, mereka tetap dapat mendengarkan hasil rekaman seseorang. Soundcloud menyediakan tempat bagi siapa saja yang ingin berbagi suara-suara yang ada. Suara-suara ini tidaklah harus dalam bentuk musik, kita bisa membagikan suara indah alam sekitar, suara unik ciptaan sendiri dan berbagai hal yang bisa kita bagikan dalam bentuk suara. Soundcloud memungkinkan penggunanya untuk  berbagi suara kepada pengguna yang lainnya secara gratis dengan syarat tertentu dan tidak hanya karya kita yang dapat didengarkan oleh orang banyak, tetapi kita juga bisa mendapatkan feedback langsung dari para pendengar baik itu berupa kritikan ataupun masukkan yang dapat membangun kita agar bisa memperbaiki apa yang kurang dari karya-karya yang telah kita upload.

Untuk dapat mengupload ke media sosial Soundcloud ini sama seperti media sosial yang lain, kita harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah terdaftar menjadi pengguna,  Pengguna bisa mengupload karya musik ciptaannya atau hasil cover disini. Soundcloud ini memungkinkan kita untuk mengupload suara dengan format yang memiliki file size kecil yaitu mp3 sampai format yang memiliki file size paling besar yaitu WAV.

Fitur – fitur dalam souncloud


Sama halnya seperti media sosial twitter SoundCloud juga bisa menambah teman dengan melakukan “Follow” ke akun pengguna yang lainnya untuk saling berinteraksi atau berbagi dan mengikuti perkembangan yang ada. Kita juga bisa mengunggah hasil karya kita dan bisa diatur agar dapat dimainkan atau diunduh oleh pengguna lain. Dan berlaku sebaliknya yaitu kita bisa mengunduh atau mendengarkan lalu kita bisa memberikan respon terhadap karya para pengguna soundcloud.
Semua update dari teman kita akan muncul di bagian Home akun kita, begitu juga dengan semua track yang kita unggah, akan muncul di halaman Home teman kita dan di dalam track tersebut juga terdapat beberapa fitur diantaranya  : 
  • Like
  • Reposting track tersebut
  • Memasukan kedalam sebuah playlist
  • Mendownload track, Jika pengupload menganablekan fitur download track
  • Informasi berapa orang yang telah mendengarkan
  • Informasi berapa banyak orang yang like track tersebut
  • Informasi berapa banyak orang yang merepost track tersebut
  • Informasi berapa banyak orang yang meemberi komentar pada track tersebut
  • Serta terdapat fasilitas berupa tautan untuk berbagi ke jejaring sosial lainnya seperti Foursquare, Facebook, Twitter, google+ dan Tumblr.
Aplikasi souncloud juga sudah tersedia untuk smartphone baik berbasis Blackberry, Iphone, atau Android. Soundcloud juga dapat membuat suatu grup yang berisikan komunitas untuk saling berbagi dengan orang-orang yang memang mempunyai pikiran yang sama.



Tampilan diatas merupakan tampilan informasi satu track, kita dapat mengedit semua rincian dilakukan dalam satu halaman selama upload, berupa :
  • memberi title track
  •  memberi Tags
  • memberi informasi track
  • mengatur publikasi untuk private atau pubic
  • mengupload image untuk track tersebut, jika tidak melakukan upload maka image akan bersi foto profil akun soundcloud kita
Fitur utama dari soundcloud disini adalah kita dapat berbagi URL ke beberapa sosial media yang telah berkerja sama dengan soundcloud, contohnya kita dapat berbagi URL ke twitter dan facebook dengan begitu pengupload dapat menjangkau banyak pendengar untuk mendistribusikan karya nya. Soudcloud juga dapat ditempatkan sebagai widget di situs blog mereka.

Kelebihan dan Kekurangan Soundcloud
Kelebihan :
  • Dalam proses playing track tidak perlu buffering
  • Tampilan yang dinamis, simpel dan menarik
  • Adanya fitur berbagi URL ataupun berbagi tautan ke media sosial lain
  • Dapat digunakan secara gratis dengan syarat tertentu
  • Adanya fitur statistik yang berguna untuk memantau banyaknya orang yang telah mendengarkan hasil upload-an kita
  • Dapat diakses secara mobile pada smartphone android dan ios
Kekurangan :
  • Hanya bisa mengupload suara / audio dengan total 3 hours dari semua track yang kita upload, selebihnya kita harus membayar $6/month or $55/year untuk total 6 hours dari semua track atau $15/month or $135/year dengan upload unlimited track. Pembayaran bisa melalui kartu kredit yang berlogo mastercard, visa, ataupun american express
  • Tidak bisa mendownload semua track, tergantung dari settingan dari pengupload
  • Tidak bisa memilih format lagu yang ingin kita download
  • Tidak adanya royalti seperti halnya youtube jika viewer / listener telah banyak didengar oleh orang banyak
Sumber : http://riarestianggraeni.blogspot.com/2014/03/soundcloud.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Visual Basic - Kondisi Perulangan (Do While..Loop)