E-Commerce And Me

Hallo.. Lama rasanya ga nulis lagi di blog hehe Apa kabar semua? semoga kabar baik ya semuanya :) Oke, kali ini saya akan cerita sedikit tentang pengalaman saya berbelanja online di sebuah situs jual beli (E-Commerce) Lazada. 



Pasti sudah tidak asing lagi bukan situs jual beli online yang satu ini? Ya, Lazada memang saat ini telah menjadi salah satu situs jual beli online yang paling diminati masyarakat karena memiliki kredibilitas yang baik dalam hal pelayan dan kualitas website yang baik. Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang terbaik bagi para konsumen mulai dari desain website yang dinamis, beraneka ragamnya produk yang dijual, banyaknya diskon yang ditawarkan, tidak adanya ongkos kirim, pengamanan yang cukup baik, adanya fasilitas COD namun hanya dikota-kota tertetu (belum bisa dibanyak kota), serta pengiriman barang yang bisa dibilang cukup cepat.

Saat itu memang saya sedang mencari-cari barang yang akan saya beli lewat online shop Lazada, barang yang saya cari adalah jam tangan. Sebelumnya saya melakukan survey harga kebeberapa toko jam tangan agar nantinya dapat saya bandingkan harga di toko dan melalui online shop. Setelah saya mengetahui harga jam tangan yang hendak saya beli, segera saya membuka laptop saya dan membuka situs jual beli online Lazada. Di halaman depan web tersebut sudah sangat dinamis dan sangat mudah bagi pembeli/konsumen awam yang sebelumnya belum pernah berbelanja online untuk dapat membeli barang yang mereka cari dengan mudah dan cepat. Anda bisa mencari barang yang anda mau beli dengan melakukan search dengan memasukan keyword barang yang anda ingkinkan atau anda juga dapat melakukan search melalui kategori yang sudah dikelompokan secara detail dan rapih dengan tampilan yang menarik.

Saat itu saya melakukan search menggunakan keyword, lalu munculah barang-barang yang mengandung keyword tersebut. Setelah itu kita masih dapat melakukan pengurutan terhadap barang-barang tersebut berdasarkan rekomendasi, haraga dari tinggi ke rendah ataupun sebaliknya. Dengan melakukan pengurutan kita dapat lebih mudah dalam mencari barang yang akan kita cari sesuai dengan budget yang kita punya. Setelah saya mendapatkan jam tangan yang kira-kira cocok dengan saya dan juga sesuai dengan budget yang saya punya. Kemudian kita akan masuk kebagian detail barang tersebut / spesifikasi dari jam tersebut seperti harga, ukuran, berat, garansi dan keterangan lainnya. Kebetulan barang yang saya cari terdapat potongan harga yang lumayan besar, jika dibandingan dengan harga di toko harga di online shop lebih murah teryata. Meski perbedaannya tidak terlalu mencolok namun banyak keuntungan yang kita dapatkan jika membeli di online shop, seperti tidak perlu jalan menui barang namun barang yang mendatangi kita.

Kita juga dapat melakukan cicilan jika membeli di online shop, setelah kita yakin dengan barang yang akan kita beli, barang masuk kedalam troli kita. Jadi fungsi troli disini sama seperti kita berbelanja di toko swalayan, kita dapat menampung dulu barang yang akan kita beli sebelum membayarnya. Karena saya hanya membeli jam tangan saja maka selanjutnya kita klik “Beli Sekarang” maka kita akan masuk ke bagian Informasi pengiriman, disini kita akan memasukan data atau alamat temmpat pengiriman dan juga no hanphone kita yang dapat dihubungi. Setelah semua data informasi diisi dengan benar kita masuk kebagian pembayaran, disini kita dapat memilih jenis pembayan apa yang kita inginkan. Terdapat 4 cara pembayaran di Lazada, yaitu bayar ditempat, dengan kartu kredit, bank transfer, BCA klikPay, dan Mandiri ClickPay. Saat itu saya menggunakan Bank Transfer dengan memasukan jenis Bank dan Nama yang tertera dalam rekening kita. Lalu beberapa menit kemudian kita akan mendapatkan sms dari pihak Lazada yang berisi pemberitahuan mengenai harga barang yang kita beli dan No. Rek tujuan pengiriman serta keterangan penyedia instasi atau perusahaan yang menjual jam tersebut.

Selain itu kita juga akan mendapatkan nomer pesanan untuk mengecek barang yang kita beli sudah dikirim atau belum. Setelah kita melakukan transfer uang ke No. Rek tujuan selanjutnya kita melakukan konfirmasi pembayaran melalu link yang kan di sms ke No hanphone yang telah kita masukan di dalam pengisian data pengiriman barang. Jika sudah kita juga dapat mengcek statusnya di link yang juga dikirim melalui sms. Dalam metode pembayaran  melalui Bank Transfer ini memliki ketentun jika sudah lewat dari 24 jam pihak pembeli belum melakukan transfer ke No. Rek tujuan maka secara otomatis pembelian akan dibatalkan.

Setelah proses pemesanan dan pembayaran kita selesaikan tinggal menunggu barang pesanan datang. Karena saya melakukan transaksi belanja online maka, proses yang harus di lakukan adalah melakukan pembayaran, baru setelah itu barang pesanan akan di kirim melalui jasa pengiriman barang bisa melalui JNE,TIKI,POS dll tergantung dari perusahaan penyedia barang
Ketika barang yang di pesan sudah di kirim melalui jasa pengiriman barang, maka saya langsung di berikan nomor resi pengiriman oleh si penjulanya. Tinggal nantinya saya bisa mengecek melalui web jasa pengiriman yang di gunakan.

Dan setelah menunggu sekitar 5 hari akhirnya barang yang saya beli tiba dirumah saya (alamat yang kita masukan dalam data pengiriman barang sebelumnya). Barang dibungkus dengan rapih, setelah menandatangani nota penyerahan barang dari pihak pengiriman barang, saya langsung membuka bungkus barang tersebut dan melihat barang yang saya beli masih dalam keadaan mulus dan tanpa lecet sedikitpun.

Demikianlah cerita singkat saya mengenai pengalaman saya berbelanja online di situs jual beli Lazada, pesan dari saya jika kalian ingin membeli atau berbelanja barang di online shop. Pertama-tama bacalah ketentuan dan syarat yang berlaku di online shop tersebut, kemudian pelajari langkah-langkah dari awal sampai proses pengiriman barang. Jika ragu lebih baik anda menghubungi customer care Lazada untuk informasi lebih lanjut.

Komentar

  1. sangat bermanfaat gan postingannya ;) ditunggu postingan berikutnya..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)