Jamal : The Lost Boy

Tugas Softskill
Pengantar Teknologi Game



3IA01
1.     Aditya Rizky                             50413251
2.     Bhakti Utama G.                       51413720
3.     Fifi Meilani                               53413446
4.     Ivan Bagus Pinuntun                 54413575
5.     Radhian Amri                            57413105



UNIVERSITAS GUNADARMA
2016


Latar Belakang
     Pada tugas matakuliah softskill pengantar teknologi game ini kami membuat rancangan sebuah game yang kami beri judul “Jamal: The Lost Boy”. Tema dari game ini adalah petualangan dengan berlatar tempat di hutan yang terletak di sebuah gunung. Latar belakang kami memilih untuk membuat rancangan game ini karena sekarang ini semakin banyak anak muda yang terobsesi untuk mendaki gunung namun tidak melakukan persiapan yang matang karena keinginannya untuk mendaki gunung itu hanya semata-mata ingin pamer dengan teman-temannya, salah satunya dengan mengunggah foto-foto saat pendakian di media sosialnya. Jika seseorang benar-benar ingin mendaki gunung dengan sepenuh hati dan tidak hanya ikut-ikutan, maka sudah sepatutnya ia mempersiapkan segala halnya dengan matang. Baik itu mempersiapkan kelengkapan alat-alat untuk pendakian gunung, maupun mental bagi para pendakinya itu sendiri. Oleh karena itu kami berharap agar lebih mengimbau bagi orang-orang yang ingin naik gunung untuk lebih mempersiapkan diri, supaya sebisa mungkin meminimalisir hal-hal yang tidak dinginkan terjadi saat pendakian gunung.

Prolog
     Game ini dimulai dengan cerita tentang seorang mahasiswa dari sebuah universitas di Kota Depok yang sedang melakukan pendakian gunung bersama teman-temannya. Mahasiswa ini bernama Jamaludin Butarbutar atau biasa dipanggil Jamal. Ia bersama teman-temannya, Rizky, Utama, Meilani, Bagus, dan Amri, mendaki gunung Semeru saat libur semester, setelah merencanakannya sebulan sebelumnya. Mereka mepersiapkan semua yang dibutuhkan dalam waktu sebulan itu, namun karena tujuan Jamal yang sebenarnya hanyalah ikut-ikutan temannya dan juga hanya ingin pamer foto-foto saat pendakian di sosial medianya, maka ia tidak sepenuh hati dalam mempersiapkan segalanya.
     Tibalah hari pendakian yang telah ditunggu-tunggu oleh mereka. Mereka melakukan pendakian dengan bersemangat karena berharap pendakian ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka. Karena sudah mendaki cukup jauh, mereka memutuskan untuk beristirahat demi sedikit melepaskan rasa lelah. Tanpa sepengetahuan teman-temannya, Jamal memisahkan diri dari mereka karena ingin buang air. Karena persiapan yang kurang matang, ia tidak memakai sepatu khusus mendaki gunung, namun hanya memakai sepatu biasa yang ia pakai untuk kuliah. Hal ini menyebabkan ia terpeleset saat mencari tempat untuk buang air. Ia terpeleset dan jatuh ke lereng gunung yang merupakan hutan belantara. Sial bagi Jamal, teman-temannya tak ada yang menyadari saat ia terjatuh. Jamal pun tak sadarkan diri selama beberapa jam karena kepalanya membentur tanah cukup keras saat jatuh sehingga ia sedikit mengalami amnesia. Ia bingung serta tak tahu sedang apa dan ada di mana. Lalu dengan tenaga yang tersisa ia berusaha mencari tahu tentang apa yang telah terjadi dengannya. Petualangan Jamal yang seru dan menegangkan pun dimulai!

Karakter
Desain karakter Jamal:

Contoh saat Jamal berjalan:
Stoyline
                Game ini menceritakan bagaimana Jamal berusaha untuk mencari tahu tentang keberadaannya dia sekarang dan mencari jalan untuk dapat bertemu kembali dengan teman-temannya. Dalam usahanya itu, Jamal akan menemui berbagai rintangan yang menghadang, misalnya sungai, pohon besar yang menghalangi jalannya, ataupun jurang yang sangat curam. Berikut ini adalah contoh scene saat Jamal menghadapi sebuah rintangan.

Dapat dilihat bahwa di depan Jamal terdapat sungai yang menghalangi dan terdapat sebuah batang pohon yang hampir tercabut dari tanah. Pemain harus dapat membuat Jamal untuk melewati rintangan sungai itu dengan menggunakan benda yang dapat membantu, dalam scene ini yaitu batang pohon.
Selain rintangan di atas, masih ada rintangan-rintangan lain yang akan menghadang Jamal sampai Jamal dapat bertemu dengan teman-temannya lagi. Semakin jauh perjalanan yang telah ditempuh Jamal, rintangannya pun akan semakin sulit. Game ini akan selesai saat Jamal berhasil bertemu kembali dengan teman-temannya.

Background
Latar belakang tempat Jamal berpetualang adalah sebuah hutan di lereng gunung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)