REVIEW TUGAS PEMBUATAN GAME (SOFTSKILL : PENGANTAR TEKNOLOGI GAME)

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan review terhadap game yang telah dipersentasikan oleh teman - teman saya dari sudut pandang saya pribadi baik dari segi desain, gameplay, sound, warna, dan lain sebagainya. Disini saya akan memberkan pendapat beserta kelebihan dan kekurangannya dan juga saran untuk 2 game terbaik menurut saya dan 1 yang kurang baik. Pada game yang telah dipersentasikan baru hanya berupa prototype atau contoh dasar dari game yang masih dapat dikembangkan lagi.


Pertama saya akan memberikan pendapat dan juga saran dari 3 game yang saya anggap sudah cukup baik, berikut ini adalah 2 game yang saya pilih :

  1. GAME FIGHT IN THE BEACH


Kelebihan :

            Menurut saya game ini sudah cukup baik dalam segi tampilan GUI, game ini juga memiliki karakter pemain yang cukup unik, walaupun gameplay ini cara bermainnya cukup simple hanya melempar sebuah item yang mengarah ke lawan yang dipisahkan dengan papan ditengah, game ini cukup menarik karena terdapat fitur “jurus” dari tiap karakter user maupun AI. Untuk desain karakternya sendiri menurut saya sangat menarik, dimana pada saat permainan dimulai dan terjadi serang saling menyerang atara user dan AI, bentuk karakter akan berubah seiring dengan berkurangnya HP / Heal dari karakter tersebut. Dimana terjadi 3 kali perubahan bentuk karakter sampai HP / Heal mendekati 0. Pemberian Warna dan background yang pas membuat game ini menarik dalam segi desain tampilan GUI.

Kekurangan dan saran :
            Untuk kekurangannya mungkin game ini tidak adanya konten level dan sepertinya perlu ditambah fitur level, lalu terdapat beberapa karakter lagi misal 2 VS 2 dan menggunakan backsound agar lebih menarik. 



2. GAME HOLLOW EARTH

Kelebihan :
Untuk game Hollow Earth ini saya pilih menjadi game favorite ke-2 karena game ini memiliki alur cerita dalam gamenya, dimana kita juga hanya fokus memainkan seorang player,kemudian kita juga dapat berkeliling maps yang luas dengan berbagai fitur menarik. Game ini juga dapat berubah menjadi mode fight dan saat itu kita akan menemukan banyak musuh dengan karakter dan kemampuan yang berbeda – beda. Untuk desain game ini juga menarik dengan view kamera dari atas maps membuat kita dapat melihat maps dengan jangkauan yang luas. Dalam game ini juga terdapar backsound yang mendukung gameplay itu sendiri.

Kekurangan dan saran :
Untuk kekurangannya game ini terlalu monoton dengan story yang panjang, serta pada saat fight tidak telalu terlihat serangannya dari user ke lawan, lalu desan karakternya terlalu kecil dengann maps yang sangat luas. Game ini juga tidak terdapat scene malam hari. Tidak ada perubahan bentuk karakter saat mencapai suatu point tertentu, serta tidak adanya fitur zoom.




Selanjutnya game yang menurut saya kurang cukup baik namun jika dikembangkan mungkin bisa jauh lebih menarik adalah :

3. GAME WENDY & MARTIN


Kelebihan :
            Dimana dalam game ini user akan menanam sebuah pohon dimana dalam menanam itu user akan dikejar oleh waktu, karena akan ada seorang penebang yang akan menghabisi tanaman / pohon yang telah ditanam. Game ini bergerak seperti papan catur, yaitu atas, bawah, kiri, kanan. Game yang cukup sederhana karena tantangannya hanya dikejar oleh waktu.

Kekurangan dan saran :
Untuk desain karakternya sudah cukup baik, walaupun dalam pengaplikasiaanya dalam gameplay masih kurang cukup baik. Dalam game ini juga salah satu tantangannya hanya waktu. Kemudian, tidak fleksibelnya gerak sang penebang dan juga monyet yang hanya diam ditempat tidak melakukan apa – apa. Dalam game ini juga tidak terdapat backsund untuk mendukung game. Saran dari saya mungkin game ini dapat dikembangkan lagi dalam segi desain tampilan GUI, gameplay yang lebih menarik mungkin dengan menambahakan score atau berupa item yang dapat membantu menumbuhkan tanaman dengan cepat dan lain sebagainya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)