Pembuatan Perusahaan IT Berbentuk PT (PT. BIKINEEN)

Hallo Semua! 

Pada tulisan kali ini saya akan mencoba membagi informasi sebuah perusahaan yang bergerak dibidang IT dengan jenis usahanya adalah PT. Tulisan berikut ini akan berisi bagaimana membuat sebuah jenis usaha PT serta penjelasan mengenai struktur dari perusahaan itu sendiri, dalam hal ini saya membahas perusahaan yang bergerak dibidang IT (Startup /  Software House). Perusahaan ini merupakan perusahaan yang belum jadi / masih prototype, dimana isinya merupakan ide dan gagasan penulis yang nantinya diharapkan dapat memberi gambaran kepada pembaca bagaimana membangun sebuah perusahaan IT. Berikut ini penjelasan secara rincinya :



            PT. BIKINEEN merupakan sebuah perusahaan yang memiliki jenis badan usaha berbentuk PT dengan jenis kelas menengah. Perusahaan ini bergerak dalam bidang IT dan berlokasi di daerah Depok, yaitu dalam jasa pembuatan sebuah produk IT / Software House (Web dan Mobile App). Perushaan ini memiliki sejumlah tenaga ahli yang sudah teruji dan berpengalaman dalam hal pembuatan web dan mobile app (android dan ios). Dengan perusahaan kami diharapkan para client yang memiliki ide dan ingin membuat sebuah web atau aplikasi yang mereka inginkan bisa terealisasikan dengan baik. Melalui perusahaan kami, client dapat berdiskusi mengenai produk yang akan dibuat secara prefesional dan kami juga akan memberikan beberapa saran atau opsi yang membangun untuk produk yang akan diajukan oleh clint.

1. LATAR BELAKANG
            Seiring dengan kemajuan teknologi pada masa kini khusunya di Indonesia, kami masih melihat bebrapa kesulitan yang dihadapi masyarakat / perusahaan / pelaku bisnis yang mencari jasa pembuatan sebuah web atau aplikasi mobile. Dengan alasan tersebut maka disini kami ingin membuka sebuah peluang bisinis dibidang teknologi IT khususnya dalam hal pembuatan sebuah produk IT, dimana dalam hal ini kami membuat produk IT kami sendiri ataupun menerima tawaran dari client untuk membuat sebuah produk dalam bentuk web atau aplikasi mobile.

2. TUJUAN
            Perusahaan yang kami buat memiliki tujuan untuk mempermudah pada masyarakat yang mancari sebuah perusahaan software house untuk membuatkan apalikasi yang mereka inginkan dengan kualitas terbaik dan harga yang relative tergantung dari kopleksitas permintaan dari client. Kami menginginkan perkembangan ekonomi Indonesia dapat maju melalui Ide produk-produk yang ditawarkan client dapat terealisasikan dengan baik.

3. VISI MISI
            Visi misi dari perusahaan yang kami buat diantaranya :
·      Menjadikan Indonesia sebuah negara yang dapat maju melalui teknologi
·      Merealisasikan ide-ide emas client
·      Memberikan hasil produk yang memuaskan dan prefesional
·      Menjaga kerahasiaan produk client
·      Menjalain hubungan yang baik dengan client
·      Bersikap prefesional dalam bekerja
·   Menjunjung tinggi nilai-nilai hukum, terutama dalam hal Hak Cipta

4. KELEBIHAN PERUSAHAAN
1.    Aplikasi yang kami buat sesuai dengan keinginan pelanggan sepenuhnya.
2.    5% hasil pendapatan perusahaan kami di sumbangkan pada Dompet Dhuafa.
3.    Perusahaan kami tidak hanya sebuah perusahaan saja, namun lebih bersifat kekeluargaan antar tiap karyawan.
4.    Memberikan hasil terbaik dan prefesional, serta selalu menerima saran dan kritikan dari client yang bersifat membangun

5. METODE PEMASARAN PRODUK
1.    Riset Pelanggan
Membuat riset mengenai pelanggan yang akan dibuatkan aplikasi. Misalnya pelanggan yang akan dibuatkan aplikasi adalah perusahaan yang bergerak dibidang travel tour haji dan umrah, maka aplikasi yang dibuatkan akan bertemakan mengenai ibadah haji dan umrah.
2.    Menggunakan media sosial atau internet marketing.
Pada era masa kini sudah tidak asing lagi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, bbm untuk melakukan kegiatan promosi dari produk yang akan di jual. Oleh karena itu, perusahaan bikineen.com menggunakan media sosial sebagai salah satu wadah untuk mempromosikan produk aplikasi yang telah dibuat.
3.    Beriklan di media elektronik seperti di televisi maupun radio.
4.    Membuat sebuah web untuk menampilkan hasil aplikasi yang telah dibuat oleh perusahaan.
5.    Membuat kampanye sosial yang berkaitan dengan bisnis penjualan software.
Misalnya kampanye mengenai “Anti bunuh Gajah Sumatera”. Maka aplikasi yang perusahaan kami buat adalah mengenai informasi Gajah Sumatera baik dalam bentuk Web maupun bentuk Aplikasi.


6. ASPEK KEUANGAN
Bikineen adalah sebuah perusahaan yang berdiri pada 21 September 2016 dan bergerak dalam pembuatan aplikasi berbasis Mobile maupun Web mulai dari perencanaan, pembuatan desain tampilan hingga proses development.
Untuk mendirikan perusahaan ini dibutuhkan modal awal sebesar Rp 500.000.000,- dan memiliki komponen anggaran sebagai berikut:

· Pengeluaran tetap
o   Sewa Tempat                       : Rp 85.000.000,-/tahun
o   Listrik                                     : Rp 2.000.000,-/bulan
o   Telepon                                 : Rp 4.000.000,-/bulan
o   Gaji dan Upah Karyawan  : Rp 68.000.000,-/bulan
Total biaya pengeluaran tetap per-tahun adalah sebesar Rp 80.000.000,- dan untuk pengeluaran tetap per-bulan sebesar Rp 74.000.000,-

· Perlengkapan Kantor
o   3 buah Laptop
o   Meja Komputer
o   Kursi
o   Filing Cabinet
o   ATK
o   5 buah PC
o   3 buah AC
o   2 Telepon
o   Printer
o   1 Kulkas
Total biaya perlengkapan kantor sebesar Rp 50.000.000,-

· Perangkat Lunak
Perangkat Lunak Berbayar yang diperlukan:
o   Aplikasi Desain Grafis
o   Aplikasi Perkantoran (seperti Ms.Word, dll)
o   Aplikasi Perancangan dan Pengolahan Database
o   Aplikasi Pemodelan
Total biaya perangkat lunak yang diperlukan sebesar Rp 10.000.000,-

· Gaji dan Upah Karyawan
o   Project Manager                             : Rp 10.000.000,-
o   Accounting Manager                      : Rp 8.000.000,-
o   Human Resource                            : Rp 7.000.000,-
o   Sistem Analyst                               : Rp 7.000.000,-
o   Database Analyst                           : Rp 7.000.000,-
o   Backend Developer                        : Rp 6.000.000,-
o   Frontend Developer                       : Rp 6.000.000,-
o   Mobile Application Developer      : Rp 6.000.000,-
o   Designer                                         : Rp 6.000.000,-
o   Tester                                              : Rp 5.000.000,-
Total gaji yang harus diberikan kepada karyawan sebesar Rp 68.000.000,-

7. JUMLAH KARYAWAN
Perusahaan yang kami dirikan sampai saat ini sudah memiliki 110 karyawan yang tersebar didalam beberapa bagian, yaitu bagian financial/accounting manager, bagian marketing manager, bagianhuman resources division manager, bagian head of development, bagian project management dan administrasi, bagian internal audit dan quality assurance, bagian analyst manager, bagian web/application development manager dan bagian quality analyst manager.

8. SYARAT MENDIRIKAN PT
            Perusahaan kami merupakan perusahaan perseroan terbatas (PT) jenis menengah dikarenakan modal yang kami miliki hanya berkisar 500 juta. Selain itu, mengapa kami memilih PT menjadi badan usaha kami adalah karena badan usaha ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya dan perusahaan yang kami dirikan banyak memenuhi syarat-syarat menjadi PT seperti :

- Pendiri minimal 2 orang atau lebih
- Akta notaris yang berbahasa Indonesia
- Setiap pendiri harus mengambil bagian atas saham, kecuali dalam rangka peleburan
- Akta pendirian harus disahkan oleh Menteri kehakiman dan diumumkan dalam BNRI
- Modal dasar minimal Rp 50jt dan modal disetor minimal 25% dari modal dasar
- Minimal 1 orang direktur dan 1 orang komisaris
- Pemegang saham harus WNI atau Badan Hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia, kecuali PT. PMA.

Cara  pendirian PT dan tahapan dalam pendirian PT sebagai berikut:
1. Mengisi Formulir Pendirian PT yang kami berikan terdiri dari :  
Nama Perusahaan / PT yang akan di pesan ke DEPKUMHAM
Alamat Perusahaan / PT (Untuk Jakarta alamat harus RUKO / PERKANTORAN / VIRTUAL OFFICE
No telepon perusahaan
Jumlah Modal Dasar perusahaan
Jumlah Modal Setor perusahaan
Susunan Pengurus perusahaan (Komisaris dan Direktur)
Kelas perusahan (Kecil/Menengah/Besar)
Bidang Usaha dalam SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)
Bidang Usaha dalam TDP (Tanda Daftar Perusahaan)

2. Daftarkan nama PT anda ke DEPKUMHAM via online oleh NOTARIS. Lama proses umumnya  3-5 hari kerja.

3. Pembuatan Draft Akta Pendirian PT oleh Notaris, draft ini selayaknya di baca dan dimengerti, lalu ditandatangan oleh para pendiri. Lama proses pembuatan akta pendirian PT 2-3 hari kerja setelah penandatanganan Draft Akta .

4. Surat Keterangan Domisili Perusahaan.
         Surat Keterangan Domisili Perusahaan dikeluarkan oleh pihak Kelurahan dan Kecamatan sesuai domisili perusahaan. Surat Domisili ini di perlukan untuk pengurusan berkas-berkas selanjutnya. Lama proses 2-3 hari kerja

5. NPWP Perusahaan.
         Nomor NPWP Perusahan dikeluarkan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak sesuai dengan domisili perusahaan.
         Kepada Wajib Pajak akan diberikan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan Kartu NPWP. Lama proses 1-2 hari kerja setelah diterimanya permohonan secara lengkap.

6. Penerbitan SK pengesahan PT oleh MENKUMHAM
Lama proses 20-25 hari kerja sejak tandatangan Draft Akta Pendirian.

7. SIUP (Surat Ijin Umum Perdagangan). SIUP adalah surat izin untuk dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Setiap perusahaan, koperasi, persekutuan maupun perusahaan perseorangan, yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memperoleh SIUP yang diterbitkan oleh Deperindag sesuai dengan domisili perusahaan

8. Tanda Daftar Perusahaan (TDP). TDP adalah bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan berdasarkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1982 Tentang “WAJIB DAFTAR PERUSAHAAN”. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) wajib dimilki oleh perusahaan/badan usaha Penanaman Modal Asing (PT-PMA), PT Non PMA, CV, Koperasi, Firma atau perusahaan perorangan yang dikeluarkan oleh Deperindag sesuai dengan domisili perusahaan.

MASA BERLAKU
         Surat Keterangan Domisili Perusahaan berlaku 1 (satu) tahun sejak tanggal dikeluarkan. SIUP  dan TDP  berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal dikeluarkan.

Produk yang akan didapat dalam pengurusan pendirian PT
1.    Cek dan Pemesanan Nama Perusahaan
2.    Bukti Persetujuan pemakaian nama Perseroan Terbatas
3.    Akta pendirian Perseroan Terbatas
4.    Surat keterangan domisili perusahaan
5.    NPWP-Nomor pokok wajib pajak
6.    Surat keterangan terdaftar sebagai wajib pajak badan usaha / SKT
7.    SK Pengesahan PT oleh Menteri Hukum dan HAM RI
8.    SIUP-Surat izin usaha perdagangan
9.    TDP-Tanda daftar perusahaan
10. BNRI-Berita negara RI



9. STRUKTUR ORGANISASI


1. CEO
          Ceo adalah orang yang memainkan peranan utama bagi kelangsungan hidup perusahaan secara keseluruhan melalui keputusan strategisnya. Tugas CEO secara umum yaitu merencanakan, mengelola, dan menganalisis segala aktivitas fungsional bisnis seperti operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran. Mengambil berbagai keputusan strategis yang berdampak baik bagi sustainabilitas perusahaan berdasarkan hasil analisis data dan fakta baik yang telah menjadi jejak rekam (record) perusahaan maupun analisis terhadap berbagai faktor lingkungan bisnis. Menganalisis dan mengambil langkah paling prioritas bagi alokasi sumber daya dan penganggaran perusahaan. Membuat kebijakan, prosedur, dan standar pada organisasi perusahaan

2. Financial / Accounting Manager
          Merencanakan, mengembangkan, dan mengontrol fungsi keuangan dan akuntansi di perusahaan dalam memberikan informasi keuangan secara komprehensif dan tepat waktu untuk membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan yang mendukung pencapaian target financial perusahaan.

3. Marketing Manager
          Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran, perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana promos, membuat laporan pemasaran kepada direksi, dll. Tugasnya secara umum yaitu melakukan perencanaan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan sumber daya perusahaan. perencanaan tindakan antisipatif dalam menghadapi penurunan order, dan pengembangan jaringan pemasaran.

4. Human Resources Division Manager
            Bagian yang menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tugasnya secara umum yaitu persiapan dan seleksi tenaga kerja, pengembangan dan evaluasi karyawan, pemberian kompensasi dan proteksi kepada pegawai.

5. Head Of Development (HOD)
            Manajer sebuah software house biasanya disebut Kepala Pembangunan (HOD). HOD memimpin sub-tim langsung atau melalui manajer / pemimpin tergantung pada ukuran organisasi. Tugasnya adalah bertanggung jawab atas produk yang dihasilkan, mengawasi segala bentuk pekerjaan yang akan dilakukan tim, serta melakukan laporan hasil yang telah dikerjakan kepada CEO dan bagian lainnya di dalam perusahaan.

6. Project Manajemen dan Administrasi
            Project Administration adalah tim yang bertanggung jawab terhadap pengaturan dan penyimpanan segala jenis dokumen yang terlibat dalam proyek. Mulai dari proposal dan kontrak proyek, sampai dengan hasil wawancara atau notulen setiap pertemuan formal maupun informal. Disamping dokumen, hal-hal yang berkaitan dengan komunikasi antara anggota proyek dengan perusahaan dan vendors juga harus dikelola oleh tim ini. Agar segalanya berjalan dengan lancar, biasanya Project Administration sudah memiliki standar dokumen dan prosedur yang harus diikuti oleh seluruh anggota proyek agar proses administrasi berjalan dengan efektif dan secara efisien.

7. Internal Audit dan Quality Assurance
            Quality Assurance terdiri dari tim yang mengawasi agar pelaksanaan proyek dapat selalu terjamin kualitasnya sesuai dengan standar mutu yang ada (standar lokal perusahaan konsultan yang bersangkutan atau standar internasional seperti ISO). Fokus dari tim Quality Assurance lebih pada kualitas dari output-output yang dihasilkan oleh proyek ini, seperti laporan, rekomendasi, desain, perangkat lunak, perangkat keras, dan lain sebagainya..

8. Analysts Manager
Beberapa hal penting yang dilakukan oleh seorang sistem analyst adalah sebagai berikut:

· Bekerja dalam meneliti sebuah masalah
· Merencanakan solusi terhadap masalah yang ada
· Merekomendasikan software dan sistem yang dibutuhkan
· Mengkoordinir pengembangan untuk memenuhi kebutuhan bisnis atau kebutuhan lainnya.

a.   System Analyst adalah penghubung antara vendor dan profesional teknologi informasi. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan analisi biaya, pertimbangan desain, dan implementasi timeline yang telah ditetapkan. Seorang system analyst memiliki beberapa kriteria yang harus dijalankan, yaitu :
·      Merencanakan aliran sistem dari bawah ke atas.
·      Berinteraksi dengan pelanggan untuk belajar dan mendokumentasikan kebutuhan yang nantinya akan digunakan untuk membuat Bussiness Requirement Document.
·      Menuliskan kebutuhan teknis dari fase kritis.
·      Berinteraksi dengan designer untuk memahami keterbatasan perangkat lunak.
·      Membantu programmer selama pengembangan sistem, seperti menyediakan use case, flowchart, atau bahkan design database.
·      Melakukan pengujian sistem.
·      Mendeploy sistem yang teah selesai dibangun
·      Mendokumentasikan kebutuhan atau berkontribusi dalam pembuatan user manual.
Kapanpun proses pengembangan dilakukan, system analyst bertanggung jawab untuk merancang komponen dan memberikan informasi tersebut kepada developer.

b.   Database Analyst bertugas untuk merancang database yang berguna bagi programmer dalam membangun sebuah produk. Rancangannya dapat berupa ERD, DFD, Diagram Class, dll.

9. WEB/Application Development Manager
a.    Programmer
            Programmer Programmer adalah seseorang yang bertugas untuk mengimplementasikan apa yang telah dirancang oleh designer. Seorang programmer akan membuat code yang menghasilkan aplikasi dengan spesifikasi code yang rapi, bersih, rapi, mudah dipahami, dan bebas dari error.
            Tetapi seorang programmer tidak bertugas untuk memastikan produk yang mereka buat dapat digunakan dan diimplementasikan dengan denagn modul lainnya. Programmer adalah spesialis di bidang pembuatan, bukan hasil akhir ataupun perencanaan. Seorang programmer memiliki kemampuan matematis dan kemampuan menulis bahasa pemrograman. Memiliki kemampuan komunikasi dengan anggota tim merupakan nilai lebih yang dimiliki oleh seorang programmer. Dia juga mengontrol kerja tim dan juga life cycle dari software process.
           

b.    Sofware Designer
    Software designer adalah seseorang yang bekerja untuk menciptakan sebuah perangkat lunak pada level yang cukup tinggi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan atau manajemen. Seorang designer tidak melakukan proses coding sendiri, namun bertugas untuk memastikan bahwa semua kebutuhan software telah ada dan diperhitungkan dengan baik sebelum proses coding yang sebenarnya dimulai. Mereka mengambil tujuan akhir dari pelanggan dan merencanakan berbagai tahap pengembangan dari konsep awal sampai dengan sistem selesai dibuat. Mereka menggunakan IT dalam setiap aspek pekerjaan mereka. Pemrograman dan perencanaan, keduanya dilakukan pada komputer, dan sinkronisasi data yang diperlukan untuk rencana dan komunikasi yang efektif membutuhkan penggunaan jaringan media yang modern.
    Software design tidak hanya terlihat pada perusahaan yang memproduksi program dan perangkat lunak, tetapi juga pada perusahaan yang membutuhkan solusi pada sebuah perangkat lunak namun tidak ada perangkat lunak yang mampu mengatasinya.
    Desainer software memegang peranan penting dalam segala hal yang berkaitan dengan software, programming, matematika, logika, perencanaan, dan komunikasi. Mereka yang menemukan diri mereka tertarik untuk bekerja dalam pembuatan program atau game biasanya akan tertarik dalam mendesain perangkat lunak.
    Biasanya software designer bekerja dengan erat dengan Quality Assurance Specialist. Project Manager tim desain pengembangan perangkat lunak, dan segala yang berhubungan dengan mendesain perangkat lunak.

10. Quality Analiysts Manager
            Tester merupakan salah satu posisi yang menjadi ‘musuh’ para developer. Tugas utama dari seorang software tester adalah melakukan pengecekan atau testing terhadap error atau bug di dalam sebuah aplikasi atau program.
            Dengan kata lain, keberhasilan seorang software tester adalah kegagalan bagi developer, demikian juga sebaliknya. Namun, pada dasarnya keberhasilan software tester ataupun keberhasilan developer memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat sebuah aplikasi atau softwarebebas dari bug (meskipun sebenarnya tidak ada aplikasi yang bisa benar-benar bebas dari bug).
            Banyak orang yang berpikir bahwa tugas software tester adalah tugas yang sangat mudah, namun pada kenyataannya tugas software tester adalah tugas yang sulit dan memiliki tanggungjawab yang besar terhadap keberhasilan sebuah produk IT. Selain harus memiliki kesabaran dan ketelitian, seorang software tester juga dituntut untuk proaktif dan memiliki kreatifitas imajinasi yang tinggi.
            Berkutat dengan dokumen-dokumen adalah hal yang biasa dan lumrah, karena tanpa dokumen, software tester tidak dapat membuattest scenario yang baik. Dokumen apa saja yang dibutuhkan oleh software tester :
·      SRS (System Requirement Specification) Merupakan dokumen yang menyediakan panduan mengenai spesifikasi requirement sistem yang diinginkan oleh client/user secara lengkap terhadap suatu bagian/keseluruhan aplikasi.
·      SAD (Software Architecture Document) Merupakan dokumen yang menggambarkan desain arsitektur (flow process) secara umum dari modul yang ada dalam sebuah sistem. SAD memuat spesifikasi yang lebih rinci dari dokumen SRS.
            Dari semua dokumen inilah sofware tester kemudian akan mengetahui seperti apa sistem yang akan di testing. Setelah mengetahui proses bisnis dari sistemnya, maka software tester harus membuat test case yang terdiri dari langkah-langkah pengetesan terhadap sistem yang dibagi-bagi kedalam tiap modul/unit sistem.

10. PRODUK
MOBILE APP





WEB







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dampak E-Commerce terhadap Individu, Masyarakat, dan Negara

Delphi 7 - Database (Microsoft Access)

Delphi 7 - Kondisi Percabangan (If Then Else)